Senin, 30 November 2009

Konsultasi Online

Konsultasi Online

Pengertian Online

Dalam jaringan (disingkat: daring, Inggris: online) adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.

  • Dalam percakapan umum, "saya sedang online", dapat berarti seseorang terhubung dengan jaringan (network) yang lebih besar seperti Internet, atau sedang terhubung dengan orang lain melalui sambungan telepon.
  • Dalam sebuah sistem yang terkait pada aktivitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan online jika elemen tersebut dalam keadaan beroperasional. Sebagai contoh, sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.
  • Dalam telekomunikasi, istilah online memiliki arti lain yang lebih spesifik. Suatu alat yang diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan online bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut–dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (on-demand), tanpa membutuhkan intervensi manusia, namun tidak bisa beroperasi secara mandiri di luar dari sistem tersebut.

Pengertian Konsultasi

Konsultasi menurut wiktionary adalah sebuah pertemuan atau konferensi untuk saling bertukar informasi dan saran. Konsultasi didefinisikan oleh Audit Commission (1999) sebagai sebuah proses dialog yang mengarah kepada sebuah keputusan. Definisi tersebut menyiratkan empat aspek dalam konsultasi :

  • Konsultasi adalah sebuah dialog, di dalamnya ada aktifitas berbagi dan bertukar informasi dalam rangka untuk memastikan pihak yang berkonsultasi agar mengetahui lebih dalam tentang suatu tema. Oleh karenanya konsultasi adalah sesuatu yang edukatif dan inklusif.
  • Konsultasi adalah sebuah proses. Konsultasi adalah sebuah proses yang iterative dan berjalan.
  • Konsultasi adalah sebuah dialog antar manusia. Konsultasi dapat melibatkan individu- individu dalam suatu komunitas, kelompok social dan stakeholder, yang merefleksikan komposisi dari populasi dan organisasi dari suatu area. Oleh karenanya konsultasi adalah partispasi.
  • Konsultasi adalah tentang aksi dan hasil. Konsultasi harus dapat memastikan bahwa pandangan yang dikonsultasikan mengarahkan kepada sebuah pengambilan keputusan. Oleh karenanya konsultasi adalah tentang aksi dan berorientasi kepada hasil.

Pengertian Konsultasi Online

Kegiatan saling bertukar informasi dan saran melalui jaringan internet (tidak face to face / tidak saling bertatap muka secara langsung).

Untuk melihat contoh kegiatan konsultasi online, silahkan lihat pada link yang telah saya sediakan di bawah ini:

http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AsOXk0l2_0vOU60DZOTlwp3JRAx.;_ylv=3?qid=20090806201524AAPuXUv


*Dikutip dari berbagai sumber

3 komentar:

  1. thank you bro artikelnya, mampir ya ke website saya

    BalasHapus
  2. Saya punya pedang mungkin jenis kai gunto bilahnya ada ornamen naga dan bola api ada hurup kanji artinya nakagawa peninggalan orang belanda yang dulu menpati rumah saya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus